Materi PKN SD Kelas 5 semester 1

Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia

           Diri kita adalah manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan derajat paling tinggi antara ciptaan-ciptaan yang lainnya. Sebagai makhluk individu, manusia memerlukan pola tingkah laku yang bukan merupakan tindakan insting atau naluri belaka.

           Selain itu, manusia adalah zoom politicon atau makhluk yang pada dasarnya selalu ingin bergaul dan berkumpul dengan manusia lainnya. Didalam kehidupannya, manusia tidak hidup dalam kesendirian. Manusia memliki keinginan untuk bersosialisasi dengan sesama.Oleh karena itu, setiap individu merupakan bagian dari lingkungan social yang lebih luas, secara berturut-turut lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan bangsa dan lingkungan negara.                                                                           

a)    Arti Bangsa

            Pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang dipersatukan karena memiliki perasamaan sejarah dan cita-cita yang mana mereka terikat didalam satu tanah air, memiliki keinginan atau hasrat untuk bersatu dengan didorong oleh kesamaan sejarah dan cita-cita maka terbentuklah bangsa dari rakyat.

Ada beberapa pengertian bangsa menurut para ahli:

          Suryono Sukanto, bangsa diartikan sebagai:

1.      Unit yang mandiri

2.      Sekelompok territorial dengan hak kewarganegaaraan yang sama, serta memiliki karakteristik yang sama

          F. Ratzel

Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat ini timbul karena adanya hasrat kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

          Hans Khon

Bangsa adalah sebuah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak.

          Otto Bauer

Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter yang tumbuh karena persamaan nasib.

b)   Terbentuknya Bangsa

1.      Keinginan mencapai kesatuan nasional yang terdiri atas kesatuan sosial, politik, ekonomi, agama, budayam komunikasi, dan rasa solidaritas

2.      Keinginan mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional secara sepenuhnya

3.      Keinginan dalam kemandirian, keunggulan, individualitas atau kekhasan

4.      Keinginan untuk menonjolkan diantara bangsa-bangsa lain dalam mengejar kehormatan, pengaruh dan prestasi.

 

c)     Arti Negara

            Negara berasal dari kata asing yaitu state (bahasa Inggris), staat (bahasa Belanda dan Jerman) dan etat (bahasa Perancis). Negara dapat diartikan dengan organisasi tertinggi diantara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

 

Menurut beberapa tokoh:

          Roger H. Soltau,

Negara didefinisikan dengan alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.

          Harold J. Laksi,

Negara merupakan suatu masyarakat yang diintergrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

          Max Weber

Negara diartikan dengan asosiasi yang menyelenggarakan oenertiban di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud diberikan kekuasaan memaksa.

 

Syarat-syarat sebuah negara:

1.      Memiliki wilayah,

2.      Ada penduduk,

3.      Ada kedaulatan, dan

4.      Mendapat pengakuan negara lain.

 

Adapun bermacam-macam tujuan negara yaitu:

1.      Untuk memperluas kekuasaan 

2.      Untuk menyelenggarakan ketertiban hukum 

3.      Untuk mencapai kesejahteraan umum 

Dan ada juga tujuan negara yang terdapat di dalam pembukaaan Undang-Undang Dasar pada alinea ke-4. Dari bunyi negara tersebut bisa kita liat tujuan negara yaitu:

          Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

          Memajukan kesejahteraan umum

          Mencerdasakan kehidupan bangsa

          Melaksanakan ketertiban dunia

 

d)    Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia

            Sebagian orang berpendapat bahwa negara kita adalah Negara Republik Indonesia Proklamasi 17 Agustus 1945 disingkat negara RI Proklamasi. Artinya bahwa negara Indonesia yang didirikan ini tidak bisa lepas dari peristiwa proklamasi-kemerdekaan.

            Selain negara RI Proklamasi 17 Agustus 1945, negara Indonesia dikenal juga dengan nama Negara Kesatuan Republik Indoneisa. Istilah Negara Kesatuan Republik Indonesia disingkat NKRI merupakan nama laengkap dari negara Indonesia.

            Nama Negara Kesatuan Republik Indonesia secara tersurat terdapat didalam Pasal 1 Ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic”. Yang dimaksud kesatuan adalah bentuk negaranya, sedangkan bentuk republik adalah bentuk pemerintahannya.

            Lalu hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia itu sendiri adalah negara kebangsaan (nation state) yang modern. Negara Indonesia diperjuangkan, dibangun, didirikan, dan dipertahankan oleh segenap bangsa Indonesia. Negara Indonesia sebagai negara kebangsaan modern dibentuk tekad dan semangat orang-orang yang ada diwilayah indoneisa untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama walaupun warga masyarakat itu berbeda-beda latar belakangnya.

 Sumber: http://atikaaafauziah.blogspot.com/2013/04/bahan-ajar-pkn-kelas-v-sd-semester-1.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s