RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran

Dosen Pembimbing: Heri Supriyana, M.Pd.

 logo UPY

Disusun Oleh:

Erwan Puji Rahayu

NPM: 11144600079

KELAS: A2-11

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

2012

MEDIA GRAFIS DALAM BENTUK TEMPEL

 

A. BAHAN DAN ALAT

Bahan dan alat yang digunakan sebagai berikut:

– Spidol

– Penggaris

– Gunting/cutter

– Kertas/karton (manila/asturo)

– Lem kertas

B. CARA MEMBUAT GAMBAR MEDIA GRAFIS DALAM BENTUK TEMPEL

Sebelum membuat balok dan kubus yang akan dibuat maka perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan bahan dan alat-alat perlengkapan untuk membuat gambar media grafis dalam bentuk tempel.
  2. Kemudian rancanglah bentuk suatu gambar yang akan digunakan sebagai media tempel di kertas yang telah disediakan.
  3. Lalu setelah selesai kemudian dari gambar kertas yang telah digunting/dipotong tersebut kemudian diolesi dengan menggunakan lem kertas yang telah disediakan.
  4. Kemudian tempel lah/lekatkan lah gambar dari kertas yang telah diolesi denggan menggunakan lem kertas tersebut di sebuah kertas manila yang besar berbentuk persegi empat.
  5. Gambar media dalam bentuk tempel tersebut  telah siap digunakan untuk media pembelajaran siswa di kelas.

 

C. GAMBAR

Setelah selesai mengikuti langkah-langkah di atas maka akan terbentuk media pembelajaran seperti di bawah ini:

segitiga

D. MANFAAT

Manfaat bagi guru, antara lain:

–       Dengan adanya media pembelajaran tersebut di harapkan guru  mudah untuk menjelaskan tentang materi yang disampaikan kepada siswa seperti gambar bangun datar di atas.

–       Guru akan lebih mudah mejelaskan kepada siswa tentang mata pelajaran/materi yang disampaikan.

–       Selain itu guru juga dapat mengatasi batasan ruang dan waktu, serta dapat untuk memperjelas suatu masalah.

Manfaat bagi siswa, antara lain:

–       Siswa lebih mudah dan lebih cepat mengenal mata pelajaran/materi yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan media gambar.

–       Siswa akan lebih mudah memahami sehingga tidak ada lagi permasalahan dalam persepsi siswa tentang mata pelajaran/materi yang disampaikan.

–       Siswa lebih aktif dan lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

–       Siswa mampu lebih memahami pesan atau materi pelajaran yang disampaikan guru melalui media tersebut sehingga pesan yang disampaikan dapat mudah diterima sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat terlaksana secara efektif dan tepat guna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s